twitter
rss

4Membuat kudapan bersama anak-anak? Otakku berpikir keras. Kudapan apa yang sesuai untuk kelas dengan sebagian gaya belajarnya kinestetik. Alhamdulillah ada teman guru yang memberikan ide membuat timus. Salah satu makanan tradisional dari ubi jalar. Caranya sih sederhana, tapi rasanyaaa… mantap.

Pertama siswa dibagi menjadi enam kelompok. Masing-masing kelompok mendapat ubi rebus. Bersama kelompok mereka mengupas ubi dengan ukuran lumayan besar. Ubi dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung secukupnya.

Setelah itu, siswa berkreasi dengan imajinasinya untuk membuat ubi yang sudah halus tadari adonan. Ada yang membuat ular, bola salju, kura-kura, bunga, mobil dan lain-lain. Ubi yang sudah dibentuk tadi bisa langsung digoreng.

Demi keamanan yang menggoreng ubi guru saja. Karena anak-anak masih kelas satu. Beresiko untuk mereka yang memiliki rasa penasaran yang tinggi. Setelah digoreng, timus ditiriskan dan diberi meses. Ada yang menambahi adonan dengan gula pasir, tapi karena ubi sudah manis jadi tidak perlu ditambahi tak apa… Ini dia hasil jepretan kegiatan membuat timus bersama anak-anak di sekolah

 1a "manis bu," 2



anak-anak membentuk adonan timus seperti imajinasi mereka


3


adonan yang sudah dibentuk dikumpulkan seseuai piring kelompok


  4


timus setelah digoreng. proses penggorengan ini butuh ekstra sabar. adonan yang berbentuk mobil, ular, bunga bisa tak berbentuk setelah digoreng hehehe




6


nikmatnya makan bersama


5


sampai dijilati hehehe


DSCN1041


sampai pada jilatan terakhir..



0 komentar:

Posting Komentar