twitter
rss

DSCN0179ruangan kelas, gambar diambil dari depan


Siswa belajar dari kecepatan yang berbeda. Mereka bisa belajar dari apa saja, dimana saja, dan melalui siapa saja. Pembelajaran bisa di kelas, rumah, bus, taman, dan sela-sela kegiatan yang lain.

Dan ada saatnya mereka mengambil tanggungjawab atas pembelajarannya sendiri.

Dengan latar belakang ini kami wali kelas bersama wali murid kelas 1B mendesain kelas inspirasi. Kelas sederhana tapi mampu memberikan ispirasi dan pelajaran bagi anak-anak. Membuat ruang kelas lebih menarik bagi semua yang terlibat.

Mulai dari penataan dan hiasan, perangkat kebersihan kelas dan kebersihan diri, dan kenyaman semua penghuni kelas.

Bagaimana keadaan kelas kami?

Berikut pojok-pojok kelas yang hampir tiap pulang sekolah seperti kapal pecah hehehe...

bagian depanbagian depan kelas


Pertama bagian depan kelas ada papan tulis, kaca, papan reward, alat pengukur tinggi badan, dan cap tangan siswa.

Kaca berguna untuk anak-anak merapikan baju. Anak-anak kelas 1 biasanya aktif, banyak energy yang dikeluarkan. Jadi terkadang lipatan baju pagi hari ketika tiba di sekolah sudah berbeda dengan ketika pulang. Untuk itulah kaca ini digunakan untuk menjaga penampilan mereka agar tetap rapi.

Kedua papan reward. Di kelas, saya menggunakan komitmen dan konsekuensi. Kami membuat komitmen dan melaksanakan konsekuensi dari komitmen yang disepakati. Reward adalah efek dari komitmen tersebut.

Untuk kebaikan, reward tidak sering-sering diberikan kepada siswa. Ini untuk menjaga niat mereka. Berbuat sesuatu tidak karena reward, tapi untuk mereka sendiri dan penduduk sekolah.

Konsekuensi kurang menyenangkan, misalnya membawa kue untuk teman satu kelas, kami berikan jika benar-benar keadaan harus melakukan itu. Di sini anak-anak belajar menahan diri dan tanggungjawab.

papan reward laki-lakipapan reward untuk laki-laki


papan reward perempuanpapan reward untuk perempuan


pengukur tinggi badanpengukur tinggi badan


Selain papan reward juga ada jerapah yang digunakan untuk mengukur tinggi badan siswa.


Di samping kanan dan kiri siswa ada poster kata mutiara dan jam kedatangan. Ini untuk memotivasi siswa agar datang pagi. Untuk siswa yang datang di urutan tiga pertama akan mendapat stiker yang nantinya dipasang di papan reward.


jam kedatangan perempuanjam kedatangan buatan siswa


jam kedatanganjam kedatangan buatan siswa


Jam kedatangan ini awalnya adalah tugas membuat jam pada pelajaran waktu. Jadi anak-anak langsung praktik menggerakan jarum menit dan jam.


sampah organik dan anorganiktempat sampah organik dan anorganik


Untuk melatih kepekaan anak pada sampah organik dan anorganik, kami membedakan sampah di dua tempat. Ada keterangan pada masing-masing tempat sampah. Sampah mana yang termasuk organik dan sampah mana yang termasuk anorganik.

air minum bersih dan sehatair mineral


Sebagian siswa saya adalah anak-anak kinestetik. Air minum adalah hal yang sangat penting bagi mereka. Alhamdulillah ada salah satu walimurid yang menjadi donatur air minum ini.

lap

lap


untuk menjaga kebersihan, kami menyediakan lap di pojok belakang kelas. lap biru untuk laki-laki dan lap pink untuk perempuan.

pojok kebersihakalat kebersihan


pojok belakang alias belakang pintu menjadi tempat yang strategis untuk menyipan peralatan kebersihan. bersyukur kepada walimurid yang melengkapi alat kebersihan untuk kelas 1BDSCN0183hiasan kaca

selain perlengkapan dan peralatan di atas, walimurid juga menyediakan alat pewangi otomatis yang diletakan di depan kelas...

semoga menginspirasi.. terimakasih...

*Alhamdulillah kelas kami mendapat juara II lomba kebersihan dan keindahan kelas..

terimakasih kepada anak-anak dan siswa 1B yang sangat berperan dalam lomba ini..

Semoga Allah memberikan balasan yang terbaik..:)


0 komentar:

Posting Komentar